Selasa, 16 Oktober 2012

PERLUNYA PRODUSEN MELAKUKAN SEGMANTASI PASAR



BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Kebutuhan pelanggan sekarang ini sudah sangat bervariatif, maka di perlukan adanya segmentasi pasar. Segmentasi pasar ini merupakan suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Falsafah ini menunjukan usaha untuk meningkatkan ketepatan penetapan sasaran dari suatu perusahaan. Segmen pasar ini dapat dibentuk dengan banyak cara. Dengan mengacu pada demografi atau gaya hidup, segmentasi pasar dapat dilakukan. Ada beberapa pola berbeda yang akan muncul dalam melakukan segmenatasi pasar ini, yaitu : preferesi homogen, preferensi yang tersebar dan preferensi terkelompok (Kotler, 1997).

Dengan menyatukan program pemasaran yang ditujukan kepada segmen-segmen pasar yang dituju, manajemen dapat melaksanakan pemasaran dengan lebih baik dan dapat menggunakan sumberdaya pemasaran secara efisien. Segmentasi pasar dapat membantu manajemen dalam hal menyalurkan uang dan usaha ke pasar potensial yang paling menguntungkan, merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar, menentukan cara-cara promosi yang paling efektif, memilih media advertensi, dan mengatur waktu yang sebaik-baiknya.

B.RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang di maksud segmentasi pasar?
2. Bagaimana cara menentukan segmentasi pasar?
3.Mengapa produsen perlu melakukan segmentasi pasar?
4. Apa peran segmentasi pasar terhadap perusahaan?
5. Apa kelebihan dan kelemahan segmentasi pasar?

C. TUJUAN
Segmentasi pasar bertujuan untuk membuat pemasaran lebih efektif, dan juga dapat membantu melayani kebutuhan pelanggan menjadi lebih baik. segmen pasar harus dapat diakses, terukur, substansial dan layak. Karena untuk mempermudah pelanggan dalam mencari kebutuhannya.


BAB II
PEMBAHASAN

1. Pengertian  Segmentasi  Pasar
Segmentasi pasar adalah membagi target market ke dalam beberapa group dimana masing-masing bagian di dalam group ini akan merespon produk/jasa  dengan cara yang hampir sama.Segmentasi pasar menurut para ahli :
a.       Swastha dan Handoko (1987)
Segmentasi pasar adalah suatu tindakan membagi pasar segmen-semen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix
b.      Pride dan Ferrel (1995)
Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
c.       Kotler, Bowen dan Makens (2002,p.254)
Pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengakp membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terderi dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama.

2.  Cara Menentukan Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar sebagai landasan untuk menentukan strategi marketing harus memiliki kriteria sebagai berikut:
a. Mudah Diakses
Dapatkah Anda mencapai segmen melalui biaya komunikasi yang efektif dan praktis termasuk alur distribusi?
b. Terukur
Dapatkah Anda memperkirakan ukuran segmen sehingga Anda dapat mengalokasikan sesuai anggaran pemasaran?
c. Substansial
Apakah segmentasinya besar dan cukup tahan lama untuk membenarkan kegiatan pemasaran sendiri?
d. Layak
Dapatkah orang-orang dalam segmen membeli produk Anda dan mereka melihat keuntungan yang jelas dan diinginkan dibandingkan dengan produk lainnya atau jasa?

Segmen yang mewakili proporsi kecil dari pasar secara keseluruhan dikenal sebagai ceruk pasar (niche market). Niche pemasaran ini umumnya paling efektif ketika harga produk sangat tinggi atau ketika pasar sangat besar. Di niche market dengan pasar yang sangat besar ini, segmen yang mewakili hanya 2% dari total pasar mungkin cukup besar untuk mempertahankan bisnis

3. Produsen Perlu Melakukan Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar merupakan bagian dari proses pemasaran yang membantu produsen untuk mempermudah pekerjaaannya. Dari segmen pasar ini dapat mengerti kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga kita dapat merancang strategi pemasaran yang efektif. Perusahaan harus membuat produk yang dapat memuaskan konsumen, karena teknologi semakin maju membuat perusahaan lebih baik untuk produknya.

4. Peran Segmentasi Pasar Terhadap Perusahaan
a. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan   kita.
b. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
c. Segmen pasar merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
d. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.

5. Kelebihan dan Kelemahan Segmentasi Pasar
Kelebihan Segmentasi Pasar :
a.  Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
b.  Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
c.  Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
d.  Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
e.  Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Kelemahan Segmentasi Pasar :
a. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
b. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
c.  Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
d.  Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.

Dasar Umum Segmentasi Pasar
Ada empat dasar umum untuk segmentasi pasar Anda:
Geografis: oleh negara, atau wilayah.
Demografi: pada usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya.
Psikografis : dengan gaya hidup, nilai, kepentingan, dan sebagainya.
Perilaku: Apa yang Anda menggunakan produk untuk, loyalitas merek, manfaat yang Anda cari dari produk, dan sebagainya.


KESIMPULAN
Jadi dalam melakukan segmentasi pasar ini juga perlu suatu alasan yang cukup baik, misalnya, adanya pasar yang bersifat dinamis dan adanya pasar untuk suatu produk tertentu. Akan tetapi tidak semua segmentasi pasar yang dilakukan efektif. Dengan demikian perlu suatu upaya agar segmentasi pasar yang dilakukan itu berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk diperhatikan dalam melakukan segmentasi, diantaranya : dapat diukur, dalam jumlah besar, dapat diakses dengan mudah, bisa dibedakan serta dapat diambil tindakan.

Perusahaan yang mengidentifikasi segmen pasarnya harus bisa mengevaluasi berbagai segmen dan memutuskan berapa banyak segmen yang akan dimasuki.  Ada dua factor penting yang mesti diperhatikan dalam melakukan evaluasi segmen pasar, yaitu  daya tarik segmen secara keseluruhan dan sumberdaya perusahaan (Kotler, 1997). Setelah evaluasi dilakukan, perusahaan kemudian mengambil keputusan seberapa banyak segmen yang akan dilayani. Pada tahap evaluasi, ada berapa hal tambahan yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih segmen yaitu pilihan etika atas pasar sasaran, interelasi dan segmen-super, rencana serangan segmen per segmen dan kerjasama antar segmen. 

Referensi :
http://www.makeallhappen.com/marketing/segmentasi-pasar-memahami-kebutuhan-pelanggan.html
http://zieravitrii.blogspot.com/2011/10/mengapa-perusahaan-perlu-membuat.html
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar